Judul

http://picasion.com/gl/9ckg/
/

Wednesday, November 21, 2012

CLAMP Story


Anata wa Tokyo ga kirai desuka ?


Siapa otaku serta penggemar Manga yang tidak kenal dengan grup mangaka (komikus Jepang) yang sudah sangat beken ini?, Nama CLAMP sudah begitu mendunia sebagai grup mangaka professional dan jumlah penggemar mereka sudah mendunia. Karena itu tidaklah heran jika di kalangan penggemar manga dan para otaku, mendengar nama CLAMP ibarat seperti mendengar sebuah nama legenda hidup. Persamaannya mungkin mirip kalangan dunia musik jika mendengar nama grup “The Beatles”. CLAMP adalah sebuah grup yang beranggotakan 11 orang yang berasal dari daerah sekitar Kansai. Kesebelas anggota CLAMP semuanya perempuan yang terdiri dari Tamayo Akiyama, Sei Nanao, Soushi Hisagi, Leeza Sei (Yasuko Sei), Shinya Ohmi, Kazue Nakamori, O-kyon, Nanase Ohkawa, Mokena Apapa, Satsuki Igarashi dan Mikku Nekoi. Ini bukanlah masalah isu gender, tapi keberadaan mereka yang diakui dunia cukup memberikan bukti keunggulan bahwa mangaka-mangaka perempuan tidak kalah dibandingkan mangaka laki-laki. CLAMP sendiri tampaknya memang berusaha mendobrak masalah ketimpangan isu gender ini dengan motto kerja mereka yang terkenal berbunyi “Dari perempuan, oleh perempuan dan untuk perempuan”. Dan meskipun semuanya perempuan, hasil karya mereka juga banyak digemari kaum laki-laki, soalnya CLAMP memang banyak membuat karya-karya yang lebih diperuntukkan bagi kaum laki-laki seperti X, Sohryuden dan lain-lain.

Kesebelasan ini menghasilkan beberapa manga di awal eksistensi CLAMP. Namun ketika mereka tengah mengerjakan karya mereka yang berjudul “RG Veda” pada tahun 1989 di edisi bulan April, empat rekannya keluar dari grup CLAMP, yaitu Soushi Hisagi, Shinya Ohmi, Kazue Nakamori dan O-kyon. Kemudian menyusul 3 orang lagi yang keluar yaitu Tamayo Akiyama, Sei Nanao dan Leeza Sei. Praktis, akhirnya tinggal empat orang yang masih konsisten mengusung nama grup mereka yaitu Nanase Ohkawa, Mokona Apapa, Satsuki Igarashi dan Mikku Nekoi. Dengan sisa empat personil ini, eksistensi CLAMP bukannya terhambat, tapi justru semakin gila-gilaan menghasilkan karya-karya yang fenomenal dan jadi best seller. Nanase Ohkawa secara alamiah tampaknya didaulat ketiga temannya untuk menjadi otak dibalik setiap karya-karya mereka. Ia yang kerap membuat ide naskah cerita, desain dan menangani penjualan produk mereka. Satsuki Igarashi menjadi asistennya, yang mengembangkan ide-ide cerita asli dari Nanase dan juga turun tangan dalam pembuatan ilustrasi serta merancang desain. Mokona Apapa dan Mikku Nekoi sebagai illustrator. Selama bertahun-tahun mereka konsisten mernghasilkan karya-karya yang sesuai dengan motto kerja mereka tersebut dan tampaknya justru perjuangan mereka itulah yang memang sudah lama ditunggu oleh para penggemar manga & otaku perempuan sedunia. Ciri karya-karya CLAMP umumnya selalu berakhir dengan ending sedih. Ini sekarang membuat penggemar mereka jadi bête juga, sehingga akhir-akhir ini CLAMP mulai membuat karya yang berakhir dengan happy ending. Kekhasan lainnya yang mereka buat untuk lebih menjual nama mereka adalah dengan menampilkan nama grup mereka sebagai unsure produk dalam cerita, misalnya untuk nama sekolah, perguruan, toko dan lain sebagainya.

 Nanase Ohkawa, Mokona Apapa, Satsuki Igarashi dan Mikku Nekoi

Berikut sedikit karya-karya CLAMP yang sudah mendunia :

Clamp Campus Detective

Tentunya bagi kaum pecinta Clamp cerita ini sudah tidak asing lagi..yah, Clamp memang mangaka yang bertalenta tinggi itulah yang mungkin orang katakan ketika melihat karya-karyanya. Clamp Campus Detective merupakan karya Clamp yang kesekian kalinya. Anime ini juga pernah tayang di Indonesia di stasiun TV TransTV sekitar tahun 2001. Dengan kemampuannya Clamp mampu menggambarkan suasana yang benar-benar hidup. Versi manganya (Komik) pertama kali terbit pada tanggal 3 Maret 1992, yang diproduksi oleh Kadokawa Publishing Co. Ltd dan Newtype 100% manga. Kemudian versi animenya keluar pada 25 Agustus 1997 dan diproduksi oleh Bandai Visual. Anime yang diangkat dari manga Clamp. Anime ini disutradarai oleh Osamu Nabeshima dan langsung Clamp menjadi Director art-nya. Berbeda dengan manganya yang hanya terdiri dari 3 seri, versi animenya terdiri dari 10 seri. Bagaimana petualangan mereka, ngintip bareng yuk…

The Story

Kebanyakan nama yang dipakai dalam anime ini merupakan parody, Campus Clamp Detective adalah tiga orang anak sekolah yang berkumpul dan membentuk sebuah agen detektif, yang spesialisasinya menangani masalah-masalah yang ada di sekitar sekolah. Berdasarkan pada seri manganya, setting anime ini mengambil sebuah sekolah yang sangat terkenal dan penuh dengan prestasi sehingga dicalonkan sebagai sekolah terbaik sedunia Wow!. Sekolah ini berada di luar kota Tokyo, dibangun oleh konglomerat kaya dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, mulai dari bank, rumah sakit dan ditambah dengan keasrian taman dan keindahan arsitektur. Sekolah ini mempunyai jenjang dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Pemimpin dari tim ini adalah seorang siswa tingkat Sembilan, Imonoyama Nokoru, yang merupakan pemimpin siswa tingkat dasar. Karena kecerdasannya, dia direkrut untuk menjadi pemimpin Clamp Campus Detective. Nokoru adalah seorang cowok yang melambangkan pria sejati dan menjadi contoh bagi dua teman yang dipimpinnya. Siswa tingkat lima Takamura Suo, pandai berakting, dia sangat serius dengan Campus Clamp Detective ini. Anggota terakhir adalah siswa tingkat empat Ijyuin Akira, seorang juru masak terkenal, dia juga merupakan pengajar masak bagi teman-temannya.






Pada episode pertama cerita ini dibuka dengan aksi Nokoru yang menolong nenek tua yang tertimpa reruntuhan bangunan. Kemudian mereka harus bekerja keras untuk menemukan disket data milik sekolah yang hilang. Kemudian pada episode selanjutnya Nokoru dihadapkan pada masalah yang sedikit sulit, yaitu masalah cewek dimana cewek tersebut sangat mengagumi Nokoru. Nokoru berusaha menolong cewek tersebut yang tidak bisa menerima keadaan Nokoru yang menjadi idolanya dikagumi oleh banyak orang. Dilanjutkan dengan kisah dimana Akira yang bekerja sebagai koki sekaligus sebagai konsultan siswa dalam hal masak-memasak. Dan, Akira dan Sou yang dikenalkan ke devisi taman kanak-kanak yang kemudian jadi pemeran utama dalam segala kegiatan yang ada di sekolah.

Anime ini lebih difokuskan pada pengembangan karakter, penolakan terhadap kekerasan, dan nuansa kelembutan. Dilihat dari setting yang diambil Clamp dalam anime ini, menunjukkan bahwa dunia pendidikan hendaknya patut diperhatikan. Kampus ini dibangun oleh konglomerat terkaya sedunia. Dengan pelayanan pribadi yang super komplit dan system pengamanan yang sangat canggih. Tidak hanya itu, juga dari segi estetika kampus ini dilengkapi dengan padang rumput hijau, sungai dan arsitektur yang indah. Jadi dengan kondisi yang seperti ini semuanya pasti betah untuk tinggal dan belajar di tempat ini.

The Character

Nokoru Imonoyama


Ia adalah pemimpin Campus Clamp Detective, mempunyai kekuatan yang luar biasa ketika menolong cewek. Ia juga merupakan anak dari Inoyama Group. Cukup pandai hatinya, sangat sensitive terhadap wanita. Oleh karena itu kekuatan yang luar biasa muncul ketika ia melihat seorang gadis dianiaya. Dia juga pandai sekali berbicara dan berargumentasi. Meski pandai ia tidak suka bekerja terlalu keras dan membenci olah raga.

Sou Takamura


Dia ahli dalam sejarah dan kebudayaan yang juga hebat dalam olah raga. Berdasarkan gossip yang beredar ia merupakan keturunan ninja. Dengan kemampuannya ia berusaha untuk melindungi teman-temannya. Suatu hari ia bertemu dengan Nagisa Azuya, cewek yang ia taksir. Ia menyelamatkan nyawa Nagisa dengan kemampuannya. Hal inilah yang lama-lama membuat Nagisa tertarik pada Takamura.

Akira Ijyuin


Ia adalah ahli masak. Ia juga bekerja di Clamp Campus sebagai juru masak. Kemampuan masaknya sungguh hebat sehingga ia boleh disebut sensei ryouri ^ ^. Akira adalah orang yang baik, hangat dan mudah bergaul. Bahkan saking baiknya ia tidak mau memukul lawannya ^ ^;; ia memang terlihat agak bodoh tapi talenta yang ia miliki luar biasa. Hobi yang paling paling ia sukai adalah ngemil, bahkan dalam menghadapi lawannya pun ia tak lupa ngemil, mentang-mentang jago masak tahunya makan melulu hhmm.

Tokyo Babylon

Tokyo Babylon adalah karya Clamp pertama yang bisa menembus pasaran Amerika. Sebuah cerita yang bersetting di kota Tokyo tahun 90-an. SubaruSumeragi, anggota termuda sekaligus pemimpin ke-13 dari klan Sumeragi. Memiliki kekuatan Onmyouji yang tangguh. Klam Sumeragi sendiri adalah klam yang sudah melindungi Jepang lebih dari 2000 tahun dengan kekuatan mereka. Subaru sendiri memiliki seorang saudara kembar perempuan yang bernama Hakuto Sumeragi. Bersama sahabat mereka, seorang dokter hewan bernama Sakurazuka Sheishirou, mereka menjalani hidup sebagai onmyouji (Pembasmi setan) tanpa mengetahui bahwa sahabat mereka itu adalah seorang Sakurazukamouri, yang merupakan musuh besar klam Sumeragi selama ini. Tokyo Babylon dibuat dalam anime versi OVA sebanyak 2 seri dan sudah pernah ditayangkan di stasiun TV Indonesia yaitu INDOSIAR pada tahun 1995.

Pada OVA pertama ceritanya diawali dengan adegan Subaru yang sedang menggunakan Onmyoujitsu untuk menenangkan arwah seorang cowok yang meninggal karena kecelakaan. Setelah kejadian tersebut Subaru mendapat permohonan dari Mimura, seorang presiden sebuah perusahaan yang bernama MCC Coorporation. Untuk dating kekantornya untuk menyelidiki sesuatu hal yang aneh. Karena terganggu oleh rasa penasaran yang besar dan kecurigaan, ia berbincang-bincang tentang masalah ini dengan polisi yang menangani kasus tersebut. Dari sinilah fakta mulai terkuak, kecelakaan tersebut bukannlah kecelakaan biasa tetapi kecelakaan yang disengaja dan melibatkan beberapa eksekutif muda di MCC Coorporation. Kecurigaan tersebut diawali dengan hadirnya Nagumo Shinji dalam setiap kecelakaan namun dia tidak pernah terluka sedikit pun. Selain itu juga ambisi dan kenyataan yang menunjukkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap presiden MCC Coorporation, maka kedudukan Shinji akan terus naik dan menduduki posisi puncak. Kemudian dia bertemu dengan seorang gadis yang membawa seekor anjing German Sheperd di depan klinik milik Sheishiro. Saat tengah menyelidiki MCC Coorporation sendiri tidak disangka di dalam gedung ia bertemu lagi dengan gadis kecil itu. Sebagai seorang yang mempunyai kemampuan magis itu bisa merasakan bahwa eksekutif muda Shinji Nagumo tersebut memiliki kekuatan khusus. Shinji Nagumo orang yang tak pernah luka baik kecil maupun besar kecelakaan yang ia alami. Dengan kekuatan inilah ia memanfaatkan kecelakaan yang terjadi untuk meningkatkan jabatannya.

Pada OVA edisi kedua, cerita dibuka ketika Subaru sedang naik kereta sendirian dan menyaksikan pembunuhan secara langsung dengan mata kepalanya. Ia terlambat mengirimkan shikigami untuk menyelamatkan korban. Karena Subaru tidak melihat wajah pelaku, Inspektur polisi Kawano meminta bantuan paranormal yang memiliki kekuatan khusus post-cognition (melihat kejadian yang telah terjadi), Mirei Hidaka. Gadis ini mampu melihat masa lau yang menyedihkan hanya dengan menyentuhkan benda-benda. Cerita agak bergeser setelah Hakuto bertemu dengan seorang pria di sebuah bangunan yang akan diruntuhkan. Seorang pria yang mengumpulkan batu-batuan dan dengan itu dia bisa melihat masa lalu yang telah terjadi, pria itu bernama Maitaki. Lalu kita akan melihat Mirei dengan ibunya, Miriko. Miriko memiliki kekuatan untuk melihat masa depan (pre-cognition). Sebelum dibunuh, Miriko bercerita pada Mirei bahwa ia akan dibunuh. Ketika mengetahui akan hal tersebut, Mirei bersumpah untuk menangkap psikopat tersebut. Dan Subaru pun tidak tinggal diam dia berusaha membantu hingga nyawanya pun menjadi taruhan.

The Character


Sumeragi Subaru. Pemimpin ke-13 dari klan Sumeragi. Subaru merupakan Onmyouji tertangguh di keluarganya. Namun kekuatannya benar-benar tertutupi oleh kecantikan wajahnya dan kepolosan sikapnya.


Sumeragi Hokuto. Ia adalah kakak kembar Subaru tapi sifat mereka sangat berbeda. Hokuto yang berarti bintang utara selalu menjadi bimbingan bagi Subaru. Ia riang, terbuka dan spontan. Sebagai kakak, gadis cantik ini selalu menyayangi Subaru sepenuh hati bahkan ia dapat berperan sebagai kakak dan ibu sekaligus.


Sakurazuka Sheishiro. Dia juga seorang Onmyouji keturunan dari klan Sakurazukamori, musuh besar klan Sumeragi. Identitas Sheishiro yang asli ini tidak diketahui oleh Subaru, karena ia selalu menutupi identitasnya tersebut. Ia selalu bersikap ramah dan riang. Ia juga selalu dihujani ribuan pertanyaan tentang dirinya oleh Hokuto, namun ia masih bisa mengelak.


RG VEDA

RG VEDA pertama kali terbit tahun 1990, diterbitkan oleh Shinshoukan dengan jumlah 15 seri dan 2 OVA. Versi OVAnya sudah pernah ditayangkan oleh stasiun TV INDOSIAR pada tahun 1996. RG VEDA merupakan cerita indi dan asal bahasanya berasal dari bahasa sangsekerta yang berarti nyanyian/pujian Rig Veda.

Dalam versi manga bercerita tentang 300 tahun yang lalu, ada seorang pemberontak yang menentang rezim ten-tai. Rezim tersebut dipimpin oleh Taishaku-Ten yang juga merupakan dewa petir. Beberapa saat kemudian terjadilah sebuah perang yang disebut Holy War. Perang suci ini merupakan perang terburuk sepanjang sejarah langit. Perang ini dikomandangi oleh Ashura yang melawan pasukan Taishaku-Ten. Ashura-Ou, adalah pemimpin dar klan Ashura, selain sakti Ashura-Ou dulu dalam kekaisaran langit menduduki jabatan sebagai prajurit pelindung dewa dan kaisar. Perang pun berkobar banyak korban yang melayang. Namun saying perjuangan ini Harus gagal karena pemimpin mereka Ashura-Ou tewas dalam pertempuran dalam melawan Taishaku-Ten. Setelah Ashura-Ou meninggal, Sashi, yang merupakan isteri Asura mengkhianatinya. Dan kemudian menikah dengan Taishaku-Ten. Dalam pernikahannya tersebut, Sashi telah mengandung anak Ashura-Ou. Saat anak tersebut lahir ia mengalami banyak sekali penderitaan dengan menjalani kehidupan bersama saudara yang berbeda ayah. Nama anak itu adalah Ten-Ou. Karena ia beranggapan bagaimanapun juga ia adalah anak dari Ashura-Ou dan klan Ashura. Suatu saat jika ia tahu identitasnya maka akan berontak. Tapi niatnya tersebut diurungkan akan tetapi mengirimnya ke Kekkai untuk 300 tahun.

RG VEDA diproduksi dalam bentuk OVA. Tepatnya ada 2 OVA. Pada cerita OVA ini kisah diambil berdasarkan manga seri keempat. OVA pertama yang bertajuk “Ice Castle Fire Hell”, yang menceritakan kebangkitan “Pangeran Setan” Aizen yang telah meninggal 300 tahun lalu. Kebangkitan Aizen tersebut adalah untuk kembali merebut kekuasaan langit dan menguasai dunia. Pada OVA kedua “Twin Castle Fire Thunder”, saat itu Yasha-Ou menyerang Ashura, ditambah lagi dengan Karura-Ou dan Kujaku, mereka semua berada dibawah control Aizen dan menyerang Ashura. Pada edisi yang kedua ini Ashura bertemu dengan Ten-Ou, saudaranya yang dibuang oleh ibunya ke Kekkai selama 300 tahun.





X

X adalah anime karya Clamp yang sangat fenomenal dan merupakan kelanjutan kisah dari Tokyo Babylon (tetapi dengan kisah yang berbeda). Cara penyajiannya, warna karakternya dan tentu saja artworknya yang sempurna. Bisa dibilang kalau semua otaku di dunia pasti mengenal anime ini. Disadari atau tidak, anime ini ternyata memiliki susunan cerita yang sangat kompleks dan hanya beberapa persen otaku saja yang bisa benar-benar mencerna isi ceritanya. X adalah supernatural thriller yang mengambil setting di Jepang masa depan. Anime ini secara gambling menggambarkan pertarungan antar kebaikan dan kejahatan (Ten no Ryu vs Chii no Ryu). Bagi yang belum pernah nonton animenya, aku sarankan kalian nonton dulu versi The Movie-nya. Menonton TV seriesnya tanpa melihat OVA-nya juga rasanya garing deh. Aku akan sedikit cerita tentang asal mula X dari movienya.
The Destiny has come… kira-kira sepenggal kalimat inilah inti cerita dari X the Movie. Hampir setiap scene dari anime movie ini pasti terasa adanya ikatan antara takdir dan tragedy yang sudah digariskan pada masing-masing karakter yang terlibat didalamnya. Ceritanya sendiri berkisar tentang pertarungan yang nantinya akan menentukan takdir bumi pada akhir millennium. Dimana bumi memiliki enam pelindung (Dragon Of Heaven) dan enam penghancur (Dragon Of Earth). Kedua kubu masing-masing tengah menunggu anggota ketujuh mereka yang bisa menyelamatkan atau bahkan menghancurkan bumi. Karena orang ketujuh itu adalah Kamui.

Cerita dimulai dengan scene dimana Kamui diminta untuk segera kembali ke Tokyo oleh ibunya. Sebelum pergi, Kamui diberi sebilah pedang takdir oleh sang ibu. Dan pertarungan takdir akan segera dimulai, seiring dengan kedatangan kembali Kamui ke Tokyo. Bahkan, kedua kubu Dragon Of Heaven dan Dragon Of Earth) sudah bersiap-siap menyambut kedatangan sang penentu itu. Tentu saja, mereka juga sudah siap untuk menarik Kamui ke kubu mereka. Kamui telah terpisah dari dua sahabat terbaiknya selama enam tahun, dan tujuannya kembali ke Tokyo adalah untuk melindungi mereka dari kiamat yang bakal dating. Selain Kamui adalagi tokoh bernama Fuuma. Fuuma adalah kakak Kotori dan sahabat Kamui. Ia telah berjanji untuk melindungi Kamui jika ia juga melindungi Kotori. Dan berikutnya adalah Kotori. Gadis cantik yang merupakan symbol kesucian dan bumi itu sendiri. Hinoto adalah pemimpin dari Dragon Of Heaven. Ia membimbing mereka dalam misi untuk melindungi Bumi. Sedangkan The Dragon Of Earth dipimpin oleh Kanoe, adik kandung Honoto. Hinoto dan Kanoe memiliki ikatan batin yang sangat kuat, sampai-sampai keduanya mendapat Vision yang sama tentang the final bettle antara Dragon Of Heaven dan Dragon Of Earth. Kanoe percaya kalau ramalannya atas vision ini lebih tepat dari kakaknya, Hinoto. Keyakinan inilah yang pada akhirnya membangkitkan evil Fuuma yang kemudian akan berhadapan dengan Kamui di pertarungan akhir. Seiring dengan berjalannya cerita, kalian akan merasakan ketidakberdayaan dari setiap karakter yang in the end bakal dihadapkan pada pilihan hidup yang sangat jelas. Pilihan untuk mati dan selangkah lebih dekat dengan kiamat yang sebelumnya sudah diramalkan.

Anyway…, bagi yang belum pernah nonton dan berniat untuk segera nonton tapi nggak mau jadi korban kebingungan, lebih jelasnya mari kita baca tentang karakter-karakter mereka :

The Dragon Of Heaven (Ten No Ryu)


The Dragon Of Heaven adalah julukan untuk karakter yang terdiri dari tujuh orang manusia yang ditugaskan untuk menjaga kedamaian dunia (Tokyo). Mereka dipanggil dari berbagai kalangan ke satu tempat bernama The Diet Building. Misi mereka adalah untuk melawan The Dragon Of Earth yang telah mangacaukan Tokyo.


Kamui Shirou. Kamui adalah karakter utama anime ini. Ia dan ibunya pernah meninggalkan Tokyo enam tahun lalu setelah kematian Sayo Monou (ibu kandung Fuuma dan Kotori). Kini ia kembali ke Tokyo untuk menyelamatkan dunia. Meski tampak dingin, arogan dan tertutup, Kamui sebenarnya seorang cowok yang sangat peduli dengan semua orang-orang terdekatnya. Semua sikap itu ia tunjukkan hanya untuk menjauhkan mereka dari masalah (karena Kamui merasa dirinya magnet masalah ). Cowok usia 16 tahun ini sebenarnya selalu ingin menjaga Fuuma dan Kotori. Dari perasaan inilah akhirnya Kamui menjadi salah satu dari ketujuh Dragon Of  Heaven.



Sorata Arisugawa. Sorata adalah seorang pemuda yang lucu, serampangan dan agak sombong. Sejak usia tiga tahun, ia dibesarkan oleh Stargazer Chuu di gunung Kouya. Chuu-lah yang mengatakan kepadanya bahwa ia ditakdirkan untuk bertarung di sisi Kamui bersama ketujuh Dragon Of Heaven. Selain itu, Chuu juga mengatakan kepadanya bahwa ia juga ditakdirkan untuk mati karena seorang wanita. Sorata tahu kalau ramalan Chuu tidak pernah salah, jadi ia memutuskan untuk mati bagi seorang wanita cantik. Ketika itulah ia bertemu dengan Arashi Kishu dan akhirnya memutuskan bahwa Arashi-lah gadis yang akan dia jaga dengan nyawanya.


Arashi Kishu. Arashi adalah Dragon Of Heaven pertama yang memenuhi panggilan Hinoto. Sebenarnya ia adalah puteri dari Shrine (Kakushi Miko) yang memiliki kekuatan besar. Kekuatan ini mengambil bentuk pedang yang tersembunyi di dalam tangannya. Cirri khas yang tidak pernah lepas dari dirinya adalah baju sailor dan sikapnya yang super dingin. Sikap dinginnya itu konon terjadi karena Arashi menganggap tugasnya sebagai Dragon Of Heaven adalah suatu tanggung jawab yang sangat besar. Tapi ia adalah seorang pribadi yang sangat lembut.


Yuzuriha Nekoi. Yuzuriha adalah anggota Dragon Of Heaven yang paling muda. Gadis berusia 14 tahun ini berasal dari Mitsumine Shrine yang semua keluarganya dilindungi oleh inugami (Dewa Anjing). Ia juga memiliki roh penjaga bernama Inuki. Inuki ini bisa berubah wujud menjadi apapun yang diinginkan oleh Yazuriha. Di TV seriesnya, Inuki yang tidak bisa terlihat oleh mata telanjang ini selalu berubah bentuk menjadi pedang takkala Yuzu bertarung dengan musuh. Tapi ada satu hal yang tak tertuga terjadi, setelah sekian lama, akhirnya ada orang lain yang bisa melihat Inuki. Ia adalah Shiyu Kusanagi dari Dragon Of Earth.


Seiichiro Aoki. Adalah seorang pria yang sangat mencintai anak dan isterinya. Saking sayangnya, ia sampai menceraikan isterinya demi kebaikan mereka. Seiichiro merasa keluarganya akan merasa lebih aman jika jauh dari dirinya, karena statusnya sebagai Dragon Of Heaven. Pengawal Azuka Magazine ini memiliki kekuatan untuk mengontrol angina (windcaster). Dan percaya atau tidak, Seiichiro ini juga sering terlihat bersama Karen Kasumi. Ia bahkan telah mengatakan kepadanya bahwa dirinya akan sangat sedih sekali jika Karen sampai meninggal (padahal Karen sendiri yakin tidak ada orang yang peduli kepadanya).



Karen Kasumi. Adalah seorang wanita yang sangat cantik dan penuh percaya diri. Namun dibalik semua itu ia sangat kesepian. Sepertinya ia percaya bahwa dirinyalah yang harus menjadi orang yang berdiri di garis depan peperangan untuk menyelamatkan dunia karena ia percaya bahwa jika matipun tak aka nada orang yang menangisinya. Karen memiliki kekuatan api (Firecaster). Ia sepertinya jatuh cinta pada Seiichiro Aoki. Meski demikian, ia tidak berani menjalin hubungan yang lebih jauh, karena Karen tahu bahwa Seiichiro masih memiliki anak dan isteri. Sebagai bukti cintanya, ia akan menjaga Seiichiro demi mereka.


Subaru Sumeragi. Subaru sebelumnya sudah pernah dilihat karakternya di anime Tokyo Babylon. Kini ia hadir di anime X dengan pengalaman yang berbeda. Subaru Sumeragi adalah keturunan ke-13 dari klan Sumeragi. Ia adalah tipe orang yang sangat pendiam dan entah kenapa terlihat penyendiri. Tapi tentu saja, tokoh dari Tokyo Babylon ini memiliki hati dan jiwa yang baik. Di usianya yang baru 20-an itu, Subaru telah memiliki kekuatan magic yang sangat tinggi, sampai-sampai dijuluki sebagai The Magic Priest. Subaru memiliki adik kembar perempuan bernama Hakuto yang meninggal karena dibunuh oleh Seishiro Sakurazuka, salah seorang anggota Dragon Of Earth. Sebelum ajal menjemputnya, Hakuto sempat mengucapkan sebuah mantra yang bisa mencegah Seishiro untuk membunuh Subaru dengan cara yang sama. Jika Seishiro mencoba membunuh Subaru, maka ia akan meledak sampai mati. Subaru hanya muncul sebentar di anime X.

The Dragon Of Earth (Chi No Ryu)


Dragon Of Earth adalah julukan untuk karakter yang terdiri dari tujuh orang manusia yang dipilih untuk membantu kelahiran kembali Bumi. Sebetulnya mereka tidak sejahat seperti yang diceritakan orang-orang. Mereka tidak pernah menginginkan kehancuran Bumi, tapi lebih kepada pemusnahan sifat manusia. Sifat manusia yang menyiksa, memeras dan mengabaikan Bumi yang mereka lihat sebagai salah satu ancaman bagi kelahiran kembali bumi yang sempurna dan suci.


Fuuma Monou. Fuuma adalah kakak Kotori dan teman sepermainan Kamui. Ia sangat protektif terhadap Kotori dan Kamui. Ia sangat kecewa saat persahabatannya dengan Kamui pecah. Namun diluar semua itu, Fuuma tidak sadar kalau dirinya adalah sisi lain dari Kamui. Jadi, sisi manapun yang diperjuangkan oleh Kamui, maka Fuuma akan berada di sisi yang satunya. Sama seperti Kamui menjadi anggota The Dragon Of Heaven, sisi gelap Fuuma muncul dan menjadikannya anggota Dragon Of Earth. Fuuma sangat sadar akan keterlibatannya di Dragon Of Earth dan memiliki kekuasaan sepenuhnya atas semua kekuatan yang ada dalam dirinya.


Yuto Kigai. Yuto adalah orang pertama yang dikumpulkan oleh Kanoe sebagai anggota Dragon Of Earth. Ia memiliki kekuatan untuk mengontrol air tapi sepertinya Yuto lebih suka memakai pedang/cambuk untuk bertarung. Yuto termasuk orang yang easy-going dan selalu terlihat tersenyum (bahkan ketika sedang membunuh orang sekalipun). Yuto mengatakan kepada Satsuki bahwa salah satunya alas an ia bergabung dengan Dragon Of Earth adalah semata-mata karena ikut arus saja, (go with the flow) sama seperti air. Untuk urusan cinta, cowok yang terlihat sangat dekat dengan Konoe ini juga jatuh cinta pada Satsuki.


Satsuki Yatouji. Satsuki menganggap bahwa manusia itu membosankan. Dan karena itulah ia lebih banyak menghabiskan waktunya dengan sang super computer BEAST. Ketika ia bersatu dengan computer itu, Satsuki bisa melakukan apa saja, bahkan bertarung dengan lawan-lawannya. Cewek asocial ini ternyata menaruh hati pada Yuto yang juga memperhatikan dirinya (tapi sepertinya si BEAST rada keberatan tuh). Serangan andalannya berupa kabel-kabel perusak yang dikontrolnya ketika ia bersatu dengan BEAST. Diluar semua itu, sebetulnya Satsuki adalah gadis yang lumayan cantik.


Kusanagi Shiyu. Adalah seorang anggota militer Jepang. Tampangnya terlihat kasar dan berbadan besar. Tapi kalau mau jujur, mungkin Kusanagi adalah anggota Dragon Of Earth yang paling baik (sama seperti Kakyo). Kusanagi adalah orang pertama yang bisa melihat Inuki-nya Yuzuriha. Meski mereka berdua berada di posisi yang saling berlawanan, dan perbedaan usia yang cukup jauh, Kusanagi dan Yuzu menjalin hubungan yang cukup baik. Mereka dekat dan saling menyayangi (tapi nggak pacaran loh ya). Kusanagi ini adalah anggota Dragon Of Earth yang paling akhir muncul di dalam X the movie. Sepertinya ia memang suka bersembunyi sampai benar-benar dibutuhkan.


Nataku. Adalah seorang manusia yang dibuat dari DNA seorang gadis kecil bernama Katsuki dan ayah kandungnya. Orang dibalik penciptaan Nataku ini adalah kakek Katsuki yang ingin mengembalikan cucu tercintanya itu ke dunia. Meski Nataku tidak memiliki jenis kelamin yang jelas, tapi ia sering berpakaian seperti seorang laki-laki. Senjata andalannya adalah pita (kain) yang mematikan. Manusia yang dibuat tanpa emosi ini sangat cocok untuk berdiri sebagai anggota Dragon Of Earth. Oh ya, Nataku ini juga sangat setia pada Fuuma, karena ia berfikir bahwa Fuuma sangat mirip dengan ayah dari gadis yang DNAnya diklone ke dalam dirinya.


Seishiro Sakurazuka. Seishiro, pembunuh yang sangat menikmati perannya dalam membantai nyawa orang, ia pula-lah yang membunuh adik kembar Subaru Sumeragi, Hakuto. Dulu, Seishiro dan Subaru adalah sahabat yang kerap bekerja sama menghancurkan setan-setan di Tokyo (Tokyo Babylon Anime). Seishiro menyembunyikan sisi gelap dirinya itu dari Subaru (bahwa ia adalah kelompok pembunuh bayaran bernama Sakurazukamori). Setelah Subaru mengetahui kebenaran itu, perlahan-lahan persahabatan mereka hancur dan Subaru bersumpah untuk membunuh mantan sahabatnya itu. Kekuatan Seishiro adalah ilusi berbentuk burung gagak.


Asaghi Shougo. Adalah karakter khusus diciptakan untuk X the movie. Perannya tentu saja untuk menggantikan Kakyo Kuzuki (anggota Dragon Of Earth sebelumnya) yang sudah tidak bisa berperang lagi. Shougo adalah seorang murid SMU yang memiliki kekuatan untuk menguasai air. Orangnya pintar dan berlidah tajam. Sepertinya Shougo ini bergabung dengan Dragon Of Earth semata-mata karena suka membuat kekacauan saja.


Kakyo Kuzuki. Karakter Kakyo Kuzuki memang tidak ada di X The Movie. Tapi ia benar-benar salah satu anggota Dragon Of Earth. Ia jatuh cinta pada Hakuto Sumeragi (Adik kembar Subaru) yang ditemuinya lewat mimpi. Kakyo memiliki kekuatan untuk meramal masa depan lewat mimpi-mimpinya, karena itu pula-lah, Kakyo sangat menderita karena tidak mencegah kematian Hakuto meski ia telah meramalkannya. Ia kemudian menghabiskan hidupnya dengan bermimpi, sementara tubuhnya terbaring lemah di rumah sakit. Pada saat itu, ia bertemu dengan Kotori dan bersahabat dengannya lewat mimpi. Dari Kotori-lah, Kakyo menemukan harapan hidupnya kembali.

The Dreamgazers


Hinoto. Adalah seorang Dreamgazer yang meramalkan takdir bumi di tangan seorang pemuda bernama Kamui. Meski buta, tuli dan hamper tidak bisa berjalan kemanapun, Hinoto bisa berkomunikasi melalui mimpi dan telepati. Dengan cara itulah ia masuk ke dalam mimpi Kamui dan memintanya untuk bergabung dengan Dragon Of Heaven dan menyelamatkan dunia. Hinoto memiliki seorang adik perempuan bernama Kanoe yang menjadi Seer Dragon Of Earth. Hinoto yang terlihat seperti seorang gadis kecil biasa sebenarnya usianya jauh lebih tua dari Kanoe. Suka atau tidak, sudah takdir Hinoto untuk terus melihat kejadian-kajadian di masa depan.


Kanoe. Adik perempuan Hinoto dan orang yang mengumpulkan pasukan Dragon Of Earth. Ia tidak memiliki kemampuan melihat masa depan seperti Hinoto. Ia memasuki alam mimpi Hinoto untuk mengumpulkan informasi dan menyiksa kakak perempuannya itu. Tapi sering kali Kanoe mendapat ramalan dari sudut pandang yang berbeda dengan dari Honoto. Meski demikian, ramalannya itu bisa membantunya mengumpulkan anggota-anggota Dragon Of Earth lain. Dan Kanoe-lah yang meyakinkan Fuuma bahwa ia ditakdirkan untuk melawan Kamui demi takdir Bumi.


Kotori Monou. Kotori adalah adik perempuan Fuuma dan teman semasa kecil Kamui. Ia sangat mencintai Kamui dan kakak satu-satunya itu. Tapi entah mengapa, ia selalu dihantui oleh mimpi-mimpi yang menggambarkan pertarungan antara kakaknya dan Kamui. Kotori sebetulnya memiliki bakat untuk menjadi seorang Dreamgazer, tapi ia tidak mengetahui hal itu. Satu-satunya yang ia tahu adalah bahwa ia bisa berbicara dengan tumbuhan dan binatang. Gadis yang lemah secara fisik dan mental ini sebetulnya merasa sangat tersiksa karena mengetahui bahwa satu-satunya takdir yang nyata adalah Kematiannya sudah didepan mata.

Sohryuden

Berawal dari sebuah novel karangan Yoshiki Tanaka pada tahun 1986 dan kemudian pada tahun 1993, novel tersebut ditulis ulang lagi oleh CLAMP. Mereka menerbitkan ulang novel ini disertai dengan gambar khas mereka yang oke punya.

Apa jadinya kalau kamu adalah seorang anggota keluarga yang merupakan wujud reinkarnasi dari Raja Naga China? Hal itulah yang dialami oleh Amaru dan 3 orang kakaknya. Mereka adalah keluarga Ryudo, dimana mereka merupakan generasi ke 117, sekaligus tubuh baru bagi keempat naga mata angin (Naga biru dari timur, Naga merah dari selatan, Naga putih dari barat, serta Naga hitam dari utara). Mereka sama sekali tidak menyadari ‘berkah’ (atau musibah?) yang mereka dapatkan, meskipun mereka tahu, bahkan sering menggunakan kekuatan khusus yang ada dalam diri mereka. Masalah baru timbul ketika pada suatu malam, Amaru, anak paling bungsu diculik. Tampaknya selama ini kehidupan mereka telah dimata-matai oleh segerombolan penjahat yang sepertinya ingin membawa anggota keluarga Ryudo yang tertua (Hajime) ke hadapan bos mereka.

Sedikit flash back, cerita ini bermula dari 3000 tahun yang lalu dimana Hakkei, pemimpin dari keluarga Dragons menolak sebuah perjanjian, tetapi Seibou, ibu dari para Dewa, datang memberitahunya bahwa Raja The Dragons harus ikut campur tangan karena hal ini berkaitan dengan masalah kepentingan masa depan. Jadi Hekkei menerimanya. Setelah pertempuran berakhir, The Dragons menang melawan The Bulls, tetapi Rajanya menghilang. Dan keluarga Go disalahkan karenanya. Seluruh suku dibuang dari Tenkai menuju ke dunia manusia dimana mereka sekarang hidup. Ramalannya mengatakan bahwa generasi ke 117 dari keluarganya akan melahirkan Raja Dragons.

Cerita Sohryuden diisi dengan berbagai cobaan yang dialami oleh keluarga Ryudo, yang merupakan hasil karya dari musuh-musuh mereka. Disamping itu, Sohryuden juga memiliki sisi action. Dalam cerita ini kita dapat mengetahui bagaimana usaha mereka dalam menemukan jati diri serta memunculkan sosok mereka yang sebenarnya. Pada akhirnya, mereka harus berhadapan dengan musuh besar mereka di dalam Heavenly Sphere, dan akhirnya Hajime member pelajaran pada kedua kubu, baik dari kubu Jepang maupun dari kubu Amerika.

Miyuki in Wonderland

Kalau dengar judulnya kita pasti menyangka anime ini merupakan bentuk tiruan Alice In Wonderland, tapi ternyata cerita yang digarap CLAMP ini mempunyai keunikan tersendiri. Anime ini diproduksi oleh Bandai Visual yang pertama kali terbit pada tanggal 25 Agustus 1998. Seperti Anime lainnya, CLAMP berperan langsung pada proses pembuatannya. Oleh karena itulah pada anime ini Nampak cirri CLAMP dalam karya-karyanya. Anime ini memang sekilas tampak sebagai hiburan belaka namun dibalik itu ada beberapa nilai yang mendasar dan tersirat dalam anime ini. Dengan Genre Adventure Comedy, CLAMP berusaha untuk menyampaikan pesan tersebut. Anime ini lebih tepatnya merupakan kumpulan beberapa tokoh dalam legenda terkenal dunia yang diceritakan sendiri oleh CLAMP. Cerita dalam anime ini tidak heboh sekali melainkan biasa saja, hanya saja alur yang dimainkan CLAMP agak sedikit menarik.

Pada bagian pertama dari serial OVA-nya, kisah petualangan Miyuki Chan ini diawali dengan aktivitas Miyuki sehari-hari. Suatu hari ia kehujanan dan sebuah pintu yang diduga pergi ke dunia lain terbuka dengan sendirinya. Hal ini membuat Miyuki-chan penasaran dan mencoba untuk memasukinya. Setelah ia masuk ke dalam lubang itu, Miyuki disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa, pemandangan yang belum pernah dilihatnya. “kore wa wondaareendo desuka, yumei noyou” (inilah Wonderland seperti dalam dongeng) hati kecilnya berkata. Secara tidak sengaja bertemu dengan Mat Hatter, Cheshire Cat dan S&M yang merupakan jelmaan dari Queen Heart yang kesemuanya berusaha untuk merayu Miyuki agar mengikuti mereka tapi gayanya kurang meyakinkan jadi Miyuki pun lari ketakutan.

Setelah itu ia pergi ke suatu tempat, namanya adalah Mirrorland, tempat yang ia datangi secara tidak sengaja karena kekuatannya untuk melarikan diri dari sekumpulan orang yang mengganggunya tadi. Di tempat tersebut tampaklah sekumpulan wanita yang sedang melakukan aktivitasnya. Memang ini bukan dunia nyata sehingga aktivitas yang mereka lakukan sangatlah aneh. Ada wanita cantik yang memainkan harpa, bidadari kecil yang bermain-main, Humpty Dumpty, dan mahluk lain yang muncul pada cerita legenda terkenal dunia. Di tempat tersebut Miyuki juga menyaksikan sebuah permainan catur yang langsung dimainkan oleh manusia, sebagai orang yang ada di situ semuanya harus mengikuti pertandingan tersebut. Tapi Miyuki kan tidak tahu bagaimana bermain catur tersebut serunya, serta merta semua yang mendengar perkataan Miyuki tertawa, ternyata permainan tersebut siapapun bisa melakukannya ketika sudah masuk dalam arena pertandingan, hanya kewaspadaan yang diperlukan. Karena pemainnya semua wanita, permainan ini mempunyai sanksi yang agak aneh, yaitu setiap pemain yang kalah harus ditampar, ditelanjangi dan dibuang keluar arena. Kemudian Miyuki terus mengalami petualangan yang menegangkan aneh, lucu dan mengenal orang-orang baru yang ada disekitarnya.

20 Mensou ni Onegai!

Setahun sebelum peristiwa Clamp Gakuen Tanteiden (Clamp Campus Detective), muncul manga yang merupakan satu dari hasil karya awal CLAMP yang bertema komedi misteri. Manga ini tidak dibuat dalam versi anime. Kisahnya tentang kehidupannya Ijyuin Akira, anak murid kelas 4 SD yang memiliki identitas rahasia, yaitu pencuri dengan 20 wajah (the Thief with 20 Faces/Kaijin 20 Mensou, 20 Topeng Misterius) Dalam waktu luangnya Akira suka pergi berkeliling untuk mencuri barang-barang aneh yang diminta ibunya.

Pada suatu malam, Akira bertemu seorang anak perempuan yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak bernama Ohkawa Utako. Utako baru saja ditolak oleh gurunya yang dia sukai (buset…anak TK tapi sudah puber hahahahah). Kemudian keduanya mulai berkeliling bersama-sama dan dengan cepat saling jatuh cinta (keduanya hampir benar-benar serupa, dan juga hampir sama-sama tidak mandiri).

Manga buatan CLAMP yang satu ini hanya terdiri dari 2 volume saja dimana pada volume 1 ini menceritakan tentang pertemuan pertama Akira dengan Utako. Diceritakan pula tentang peristiwa ulang tahun ke 6 Utako, dan juga memperkenalkan semua karakter utama. Disini diceritakan pula siapa sebenarnya si tokoh utama ini. Meskipun masih kecil ternyata ia memiliki otak yang encer dan tidak seperti kebanyakan anak lain seusianya, ia juga memiliki satu hobi yang sangat unik. Sementara di volume 2 lebih memfokuskan pada perkembangan hubungan antara Akira dan Utako, cerita terus bergulir hingga akhirnya mereka dewasa dan melakukan pernikahan.

Magic Knight Rayearth

Magic Knight Rayearth ini awalnya berasal dari serial manga yang diciptakan oleh CLAMP. Setelah sukses dengan versi manganya, akhirnya serial Magic Knight Rayearth ini dibuat anime TV seriesnya dan ternyata Magic Knight Rayearth ini menjadi sebuah serial yang sangat disukai oleh semua para Otaku, di Jepang setelah serial ini menjadi sangat populer dengan banyak sekali mercandise-mercandise tentang Magic Knight Rayearth. Magic Knight Rayearth didesain sedemikian rupa dengan struktur yang indah, mulai dari kostum para tokoh, desain mecha yang cool dan juga elemen RPG seperti magic-magic, pedang serta humor dan juga romantikanya yang enak untuk ditonton. Magic Knight Rayearth merupakan salah satu maha karya CLAMP yang mejadi best seller.

Cerita dimulai pada tahun 1994 di Tokyo Jepang. Cerita ini berawal tiga gadis yang berasal dari tiga sekolah yang berbeda, sedang mengadakan tamasya di Tokyo Tower. Mereka bertiga itu adalah Hikaru yang berasal dari sekolah yang tidak begitu terkenal bertemu dengan Fuu yang berasal dari sekolah yang terkenal dengan murid-muridnya yang pandai-pandai dan Umi yang berasal dari sekolah yang elite. Tiba-tiba mereka dikejutkan dengan suatu kejadian yaitu mereka bertiga tiba-tiba tersedot ke dimensi lain dimana dimensi itu sama sekali mereka bertiga ini tidak pernah kesana. Setelah kebingungan tiba-tiba datang seorang yang mengenalkan dirinya sebagai Madoshi Clief (atau diterjemahkan guru Clief). Guru Clief ini bercerita bahwa Dunia yang sekarang ini mereka berpijak adalah Cefiro dan yang membawa mereka ke dunia ini adalah Puteri Emerald. Guru Clief juga meminta tolong kepada mereka untuk menolong Cefiro dari kehancuran. Mengapa Cefiro bisa hancur? Apa yang menyebabkan Cefiro bisa hancur? Cefiro itu mempunyai sebuah pusat energi yang selalu dijaga agar Cefiro tidak mengalami sebuah bencana, dan pusat energi itu adalah Puteri Emerald. Ternyata Puteri Emerald telah disekap oleh Zagato, tidak tahu kenapa sampai Zagato itu bisa-bisanya menculik Puteri Emerald. Karena Puteri Emerald adalah pilar dari Cefiro maka setelah Puteri Emerald diculik keseimbangan Cefiro menjadi tidak terkendali.

Maka dari itu Puteri Emerald memanggil Legenda Magic Knight untuk menyelamatkan Cefiro dari kehancuran. Pada awalnya mereka tidak mempunyai bekal untuk melawan musuh-musuhnya dan Guru Clief memberikan mereka Magic/sihir untuk melindungi mereka dari ancaman bahaya, tetapi Magic/sihir ini tidak dapat digunakan dengan sembarangan. Zagato pun mengetahui legenda Magic Knight yang akan menolong Cefiro ini telah datang, maka Zagato pun bersama dengan pengikutnya berusaha untuk menghalangi ketiga pendekar cewek itu dalam usaha menyelamatkan Cefiro dari kehancuran. Dan ketika Guru Clief dan para Magic Knight itu sedang berbincang-bincang tiba-tiba Alycone, utusan pertama dari Zagato untuk melenyapkan Para Magic Knight, tiba-tiba menyerang dan guru Clief akhirnya menghalangi Alcione dan menyuruh ketiganya itu pergi meninggalkan tempat itu dan menuju ke Presea (pembuat senjata) karena Para Magic Knight ini tidak hanya berbekalkan Magic saja tetapi mereka juga akan dibekali senjata-senjata yang nantinya akan banyak membantu mereka dalam membasmi musuh-musuhnya.

Akhirnya mereka pun pergi meninggalkan tempat itu menuju ke tempat Presea, sesampainya di tempat Presea, mereka bertiga bertemu dengan Mokona, seekor binatang kecil yang lucu. Kemudian mereka bertemu dengan Presea dan mereka pun disuruh untuk memilih senjata yang mereka suka, setelah mereka diantar ke tempat penyimpanan senjata, mereka pun memilih senjata yang mereka sukai, tetapi tiba-tiba terjadi suatu kejadian yang aneh bukan mereka yang memilih senjata melainkan mereka yang dipilih oleh senjatanya. Setelah mereka mendapatkan senjata selanjutnya mereka harus bersiap-siap untuk menghadapi para pengacau Cefiro, tidak hanya senjata dan magic saja tetapi pada cerita ini mereka pun mempunyai sebuah robot (semacam Guardian) yang nantinya digunakan mereka untuk melawan robot kepunyaan musuh.

Setelah kejadian di Cefiro, mereka bertiga akhirnya kembali ke dunianya mereka tetapi mereka bertiga bertemu di Tokyo Tower dimana mereka pertama dipanggil oleh Puteri Emerald untuk menyelamatkan Cefiro, di tempat itu juga mereka berharap untuk kembali ke Cefiro, karena mereka pun ingin mengetahui bagaimana keadaan Cefiro setelah kejadian saat mereka bertemu dengan Guru Clief. Dan tidak disangka-sangka harapan mereka terkabul dan akhirnya bisa kembali ke Cefiro, namun kejadian yang mereka alami malah berbeda dengan kejadian saat pertama kali muncul di Cefiro dengan bermunculannya orang-orang baru yang merupakan teman maupun musuh yang siap mewarnai petualangan Hikaru, Fuu & Umi dalam menyelamatkan Puteri Emerald dari tangan Zagato. Juga tidak kalah seru dengan kisah cinta ketiga Magic Knight, salah satunya kisah cinta segitiga antara Hikaru, Lantis & Eagle Vision. Untuk lebih jelasnya nonton aja animenya atau baca manganya.

Magic Knight Rayearth juga dikemas dalam bentuk OVA (Original Animation Video). Inti cerita pada versi OVA agak sama dengan versi TV seriesnya, hanya saja karakter pada versi OVA agak berbeda, seperti seragan sekolah yang dipakai oleh Hikaru, Fuu dan Umi dan juga desain mecha pada versi OVA-nya lebih mengarah ke bentuk Beast-nya. Bukan hanya itu saja, bahkan wajah dan postur tubuh para tokoh berbeda dengan TV seriesnya, kelihatan lebih dewasa dan tinggi. Ceritanya sama dengan TV series tetapi hanya saja ditempatkan pada dunia yang berbeda, Istana Cefiro telah dipindahkan dari Cefiro menuju ke Tokyo pada jaman Modern. Dan yang lebih menakutkan lagi adanya ancaman untuk menghancurkan Tokyo dan Bumi, dan hanya ada tiga pejuang wanita, yang mempunyai hati yang penuh dengan cinta dan kedamaian yang dapat menyelamatkan dunia.

Jika dibandingkan dengan TV seriesnya, Magic Knight Rayearth OVA ini memberikan sebuah cerita yang menghibur dan membuat para penontonnya tambah semakin tertarik. Seperti halnya pada saat pertengkaran antara Alycone dengan tiga gadis itu, dengan ketegarannya Hikaru yang ingin menolong teman-temannya maka Rayearth (si serigala api) datang menolong, dengan berbentuk sebuah mecha yang besar, ia melawan Alycone dengan segenap kekuatannya dan akhirnya Alycone dapat dikalahkan, pada TV series Hikaru mendapatkan Rayearth itu pada urutan terakhir sedangkan pada versi OVA-nya Hikaru mendapatkan urutan pertama kemudian diikuti Fuu dan kemudian Umi yang terakhir.

Para Karakter


Hikaru Shidou. Gadis yang masih polos, jujur dan simple ini sangat menyukai binatang, buktinya di antara ketiga Magic Knight ini yang mengerti apa maunya Mokona cuman Hikaru. Memiliki anjing peliharaan yang bernama Hikari. Hikaru menguasai kendo dan itu pun dilakukannya sewaktu ia kecil. Menyukai ice cream dan ahli dalam bidang biologi.


Umi Ryuuzaki. Gadis yang satu ini tidak takut akan segala hal, sepintas Umi terlihat seperti seseorang yang agak selfish tetapi jangan salah di dalam hatinya ia sangat membela teman-temannya hanya saja ia tak ingin terlihat seperti itu. Umi mahir dalam memainkan anggar. Menyukai makanan manis dan sangat pandai berbahasa Inggris.


Fuu Hououji. Fuu yang jenius terkenal dengan kemahirannya dalam bidang komputer dan teknologi, gadis ini agak pendiam dan mempunyai pemikiran yang amat berlogika dan Fuu sangat jarang sekali marah bahkan terhadap musuhnya ia tak pernah ada hati untuk menyakiti musuhnya itu. Memiliki hobi membaca dan ahli dalam bidang matematika.


Mokona. Binatang yang ditemui saat Hikari, Fuu & Umi terdampar di Cefiro. Binatang yang mirip telur ini oleh karena kelucuannya itu ia sering ingin dimakan oleh Umi.


Clief. Adalah seorang master penyihir tingkat tinggi dan yang memberikan para Magic Knight sihir. Postur tubuhnya yang kecil dan mungil membuat orang yang melihatnya mengira kalau dia masih muda, namun sebenarnya umurnya sudah 745 tahun.


Puteri Emerald. Gadis cantik dan lembut yang merupakan “tiang” bagi Cefiro. Memiliki hubungan khusus dengan Zagato.


Presea. Adalah seorang wanita yang ceria dan mahir dalam membuat senjata.


Ferio. Adalah seorang yang mahir dalam memainkan pedang dan ia juga menyukai Fuu.


Zagato. Ia adalah dalang yang menculik Puteri Emerald dan ia adalah pendeta tertinggi di Cefiro.


Alycone. Cewek seksi ini sangat benci terhadap Magic Knight, ia mahir dalam memnggunakan sihir.


Ascot. Cowok yang bentuk tubuhnya kecil namun sebenarnya orang dewasa mahir dalam memanggil monster-monster dan ternyata menyukai Umi.


Caldina. Seorang penari yang mahir dalam memanipulasi orang dengan tariannya.


Lafarga. Orang yang mahir dalam memainkan pedang ini adalah bodyguard Puteri Emerald.


Innova. Musuh yang satu ini sangat kuat dan sempat membuat para Magic Knight kewalahan menghadapinya.


Lantis. Cowok cakep satu ini adalah Adik dari Zagato, saat kejadian penculikan Puteri Emerald, ia pergi dari Cefiro karena adanya suatu hal.


Primera. Peri kecil ini selalu mengikuti Lantis sebab ia telah diselamatkan oleh Lantis.


Eagle Vision. Pemimpin dari NSX ini adalah komandan tertinggi perang yang terhebat di planetnya.


Geo Metro. Wakil dari Eagle Vision ini juga merupakan teman dari Lantis jugadan cukup tangguh.


Zazu Torque. Member dari NSX ini sangat muda di antara member-member lainnya. tapi kecil-kecil gini cabe rawit lho.


Tatra. Gadis anggun dan lembut, namun jangan dilihat dari penampilannya yang kalem tapi ia seorang petarung yang hebat.


Tarta. Adik dari Tatra yang juga sangat hebat dalam bertarung dibandingkan dengan kakaknya ia masih kalah dan ia tipe gadis ceria dan enerjik. Mereka berdua berasal dari Cizeta.


Aska. Gadis imut namun banyak lagak. Gadis ini mempunyai angan-angan untuk menjadi penguasa Cefiro.


Sanyun. Teman semasa kecil Aska ini menjadi wakil yang setia menemani Aska kemanapun ia pergi.


Chanan. Penasehat Aska yang juga mempunyai harapan agar Aska menjadi seorang puteri yang hebat.


Nova. Sisi jahat dari Hikaru semuanya ada padanya, tujuannya untuk membunuh Hikaru.

Mecha karakter


Rayearth. Dewa api yang dikendalikan oleh Hikaru.


Windam. Dewa angin yang dikendalikan oleh Fuu.


Selece. Dewa air yang dikendalikan oleh Umi.


Mecha Fusion. Merupakan penggabungan dari Rayearth, Windam dan Selece. Desainnya terlihat ramai namun keren.

Angelic Layer

Anime ini pernah tayang di stasiun tv Indonesia yaitu, INDOSIAR tapi sudah lupa tahun berapa tayangnya. Cerita bermula dari seorang gadis berusia 13 tahun bernama Suzuhara Misaki yang telah ditinggal ibunya semenjak ia masih bersekolah di bangku Taman Kanak-Kanak. Kini, ia datang ke Tokyo untuk tinggal bersama bibinya. Begitu Misaki tiba di stasiun, dia melihat sebuah pertarungan antara sebuah boneka yang cantik melawan musuhnya yang besar. Tertarik untuk kemenangan boneka yang lebih kecil, Misaki akhirnya mengetahui bahwa kedua boneka tersebut merupakan sebuah bagian dari permainan yang bernama Angelic Layer, dan dia memutuskan untuk mengikutinya sendiri. Dengan dibantu seseorang yang misterius yang menamakan dirinya Icchan, Misaki akhirnya segera pergi untuk membuat Angel nya sendiri yang akhirnya dia namakan Hikaru. Angel miliknya bertubuh kecil, mengutamakan kecepatan dan berambut merah. Misaki yang begitu bersemangat ternyata mengalami sedikit 'kesalahan distribrusi' pada pertempuran Angelic Layer pertamanya. Icchan yang semestinya memesan 'training' malah keliru memesan 'battle', dan tiba-tiba saja Misaki harus menghadapi pertempuran pertamanya sebagai seorang Deus. Dari sinilah dimulai kisah perjuangan Misaki di Liga Angelic Layer untuk menjadi seorang juara dengan Hikaru miliknya.

Si Icchan (Mihara Ichiro) yang ternyata adalah 'Bapak' dari Angelic Layer ini ternyata cukup terkagum-kagum juga dengan kemampuan Misaki yang berhasil menundukkan lawan pertamanya. Dalam pikirannya terbesit sebuah ide.... Di hari pertamanya bersekolah, Misaki bertemu dengan dua orang cowok-cewek yang bisa dibilang cukup menarik. Si cewek, Kizaki Tamayo yang suka mempraktekkan jurus-jurus judonya kepada si cowok yang pasrah-pasrah saja dan terkesan tidak berdaya, Kobayashi Kotaro. Kotaro memiliki seorang adik berumur 5 tahun bernama Kobayashi Hatoko, yang ternyata juga seorang Deus canggih dengan Angel nya, Suzaku the Light Speed. Dan Misaki yang bisa dibilang baru seorang fresh stater di bidang ini, cukup kewalahan juga menghadapi si Hatoko, hingga akhirnya ia merasakan kekalahan yang menyakitkan di Angelic Layer untuk pertama kali. Terdorong dengan kekalahan pertamanya, tekad Misaki pun semakin bulat untuk menjadi Deus tangguh. Dalam perjalanannya menjadi seorang Deus sejati itu, ia banyak bertemu dangan para Deus yang lainnya, yang notabene lebih tangguh dan lebih berpengalaman darinya. Sebut saja Mihara Oujiro sang 'Pangeran Layer' yang juga adiknya Icchan dengan Angel cowoknya, Wizard, Ringgo Seto yang penyanyi pop terkenal dengan Angel nya yang bernama Ranga, dan karakter-karakter menarik lainnya.

Card Captor Sakura

Card Captor Sakura adalah salah satu anime CLAMP yang berhasil memikat para otaku Indonesia. Meski sudah diputar berulang kali, tetap saja kita masih bisa terpesona dengan alur cerita dan artworknya. Anime yang berdurasi 70 episode ini juga dibuat dalam bentuk the movie sebanyak 2 series serta dibuatkan dalam bentuk manga berjumlah 12 volume. Card Captor Sakura adalah sebuah anime yang bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Sakura Kinomoto. Semua petualangannya sebagai Sakura si penangkap kartu dimulai ketika ia tanpa sengaja menemukan Clowbook yang tersimpan rapi di ruang kerja ayahnya, Fujitaka. Entah bagaimana, dari Clowbook itu tiba-tiba saja berhamburan kartu ketika Sakura tanpa sengaja membukanya. Nah, sejak saat itulah, Sakura yang kemudian bertemu dengan penjaga Clowbook Cerberus mulai bekerja sama untuk mengumpulkan kembali kartu-kartu yang berterbangan itu.








Tentu saja Sakura tidak sendirian. Disisinya selalu hadir Tomoyo. Cewek anggun berambut panjang yang hobi nge-shoot Sakura waktu beraksi ini ternyata masih ada hubungan saudara dengan Sakura. Mereka berdua memiliki kakek yang sama, Masaki Amamiya. Jadi secara nggak langsung, Tomoyo adalah sepupu Sakura. Selain Tomoyo, juga ada Li Shaoran. Cowok imut berdarah Chinese ini mulai bergabung dengan Sakura cs segera setelah doi menjadi murid baru di SD Tomoeda. Li Shaoran juga merupakan keturunan Clow yang bertugas menangkap kartu Clow juga.

Para karakter :

Sakura Kinomoto


Adalah seorang gadis kecil biasa yang sangat lincah. Suatu hari, ia mendapati sebuah buku yang sungguh ajaib dari perpustakaan kecil di ruang kerja ayahnya. Entah mengapa, buku itu tiba-tiba saja mengeluarkan banyak kartu beterbangan ketika Sakura membukanya. Karena kecerobohannya itulah kini Sakura harus bekerja keras mengumpulkan kembali kartu-kartu itu ke dalam Clowbook. Ditemani oleh sang penjaga buku Cerberus atau disapa Kero-chan, Sakura bertualang mencari kartu-kartu yang sakti itu.

Cerberus


Kero-chan sebenarnya adalah seekor singa gagah penjaga Clowbook. Tapi karena ia tertidur dan lalai menjaga buku berisi kartu itu, kini ia terjebak dalam tubuh boneka beruang bersayap kecil yang sangat lucu. Untuk kembali kewujudnya semula, Sakura harus menangkap kartu The Earthy dan The Firey. Sebetulnya, CLAMP mengambil nama Cerberus dari legenda Yunani kuno, dimana Cerberus yang sebenarnya adalah singa atau anjing berkepla tiga dengan ekor naga yang bertugas menjaga gerbang ke dunia lain. Sering adu mulut dengan Shaoran dan membuat keduanya sering terlibat dalam pertengkaran kecil.

Tomoyo Daidouji


Tomoyo adalah sahabat dekat Sakura. Selain cantik dan baik hati, Tomoyo yang hobby membuatkan baju untuk Sakura ini adalah anak seorang pengusaha kaya. Tomoyo juga suka sekali mengambil video tentang Sakura dan Petualangannya. Ia sangat menyayangi Sakura. Awalnya Tomoyo sangat menyukai kakak Sakura, yaitu Touya. Namun perasaan ini tidak berlangsung lama seiring dengan berjalannya episode demi episode, Tomoyo semakin sibuk mendampingi Sakura.

Yukito Tsukishiro


Yukito adalah sahabat sekaligus teman sekelas Touya. Orangnya baik dan ramah. Meski tidak terikat dengan kegiatan klub manapun, Yukito dengan senang hati akan membantu klub yang membutuhkannya. Yukito juga hobi makan, saking senangnya, cowok kurus ini bisa menghabiskan jatah makan 3 kali lebih banyak dari Touya. Tapi tentu saja, bagi dia hal ini adalah sesuatu yang ia anggap biasa. Sebelum ia tahu wujudnya yang sebenarnya, Yukito selalu bingung kalau tiba-tiba pingsan dan bangun sudah entah dimana.

Touya Kinomoto


Touya adalah kakak laki-laki Sakura. Meski ia sering kali menjahili Sakura dan memanggilnya monster, Touya sebenarnya sangat protektif dan tegas. Ia sempat berpacaran dengan Kaho Mizuki, tapi belakangan ini, Touya lebih sibuk dengan sahabatnya, Yukito. Seolah memperkuat keberadaannya dalam anime ini, Touya terlahir dengan bakat luar biasa yang membuatnya mampu melihat mahluk halus. Dan percaya atau tidak, karakter yang agak tertutup ini ternyata menyimpan rahasia tentang kartu Clow dan hubungannya dengan Yukito. Sangat kesal setiap melihat Shaoran karena menganggap Shaoran telah merebut orang yang paling ia sayangi yang tidak lain adalah adik kesayangannya Sakura.

Li Shaoran (Li Xiao Lang)


Shaoran adalah seorang murid pertukaran pelajar dari Hong Kong. Konon ia adalah keturunan dan pewaris langsung Clow Reed (sang pencipta kartu Clow). Karena itulah, ia juga ditugaskan untuk mengumpulkan kartu Clow. Meski pada awalnya Shaoran dan Sakura tidak begitu bersahabat, namun belakangan ia sadar bahwa mereka saling membutuhkan satu sama lain. Jadilah Shaoran berpetualang bersama Sakura untuk tujuan yang sama. Dalam bahasa china, Xiao Lang itu berarti serigala kecil. Seiring kebersamaannya dengan Sakura, Shaoran mulai jatuh cinta dengan Sakura, namun ia tidak berani mengungkapkannya. Satu-satunya yang mengetahui perasaannya hanyalah Tomoya. Sangat jealouse abis dengan Eriol karena kedekatannya pada Sakura-chan. Meski demikian, Eriol tetap mengganggap Shaoran sebagai teman. Kisah cinta Sakura dan Shaoran diceritakan dalam Card Captor Sakura The Movie 2.

Li Meilin


Meilin adalah karakter original yang dibuat khusus untuk anime Card Captor Sakura (ia tidak ada di versi manga). Sama seperti Shaoran, Meilin juga murid pertukaran pelajar yang datang ke Jepang. Sebetulnya Meilin ini adalah sepupu sekaligus tunangan Shaoran. Mereka tumbuh dan belajar bela diri bersama-sama ketika masih di Hong Kong dulu. Karena ia merasa Shaoran hanya miliknya seorang, Meilin sering kali bersikap tidak ramah kepada Sakura. Tapi lambat laun sifatnya itu-pun berubah. Belakangan ia mulai bisa menerima Sakura apa adanya.

Fujitaka Kinomoto


Fujitaka adalah ayah kandung Touya dan Sakura. Selain pintar memasak dan menjahit, pak Fuji ini adalah seorang professor arkeologi di sebuah Universitas terkemuka. Orangnya baik, pintar dan penyayang. Fujitaka yang ditinggal mati oleh isterinya ini merupakan sosok reinkarnasi dari Clow Reed (Clow Reed yang terlahir kembali menjadi orang lain dan menjadi 2 bagian, 1 sisi adalah Fujitaka dan sisi lain adalah Eriol). Bedanya Fujitaka terlahir sebagai manusia biasa dan tidak memiliki kekuatan apapun.

Nadeshiko Kinomoto


Nadeshiko adalah almarhum ibu kandung Touya dan Sakura. Ia meninggal ketika Sakura masih berusia 3 tahun. Wanita yang semasa hidupnya bekerja sebagai model ini memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan roh yang kemudian menurun kepada Touya. Meski sudah meninggal, Nadeshiko masih hidup di hati suami dan anak-anaknya. Ia muncul setidaknya dua kali dalam anime Card Captor Sakura. Kalau kamu teliti, foto Nadeshiko bisa kamu lihat di pojok ruang keluarga Kinomoto.

Sonomi Daidouji


Sonomi adalah sepupu, sekaligus sahabat terbaik ibu kandung Sakura, Nadeshiko Kinomoto. Orangnya rame dan terkadang overacting dengan keadaan disekelilingnya. Ia sangat menyayangi Nadeshiko. Bahkan, saking sayangnya, Sonomi ini pernah bersitegang dengan ayah Sakura. Fujutaka. Pemimpin perusahaan mainan ini pernah menentang pernikahan mereka (entah kenapa?). Dan yang menarik, konon, rambut panjang Tomoyo ini adalah salah satu bukti kasih sayang Sonomi terhadap Nadeshiko (yang juga berambut panjang).

Chiharu Mihara


Chiharu adalah sahabat dan teman sekelas Sakura. Ia sangat suka dengan binatang imut dan lucu (salah satu alasan ia tergila-gila dengan Kero-chan). Orangnya ceria dan enerjik. Cinta monyet dengan Takahashi, ini terlihat dari sikapnya yang agak berbeda jika berhadapab dengan cowok imut itu.

Naoko Yanagisawa


Naoko adalah teman sekelas Sakura. Meski bergabung dengan klib Cheerleader, bisa dibilang Naoko ini adalah anak yang pendiam. Ia paling suka dengan cerita-cerita fiksi (apalagi kalau ada hubungannya sama hantu). Saking sukanya, Naoko bahkan pernah menulis sebuah cerita sendiri. Jika kisah hantunya mulai beraksi, selalu membuat Sakura ketakutan karena Sakura sangat penakut dengan hantu.

Rika Sasaki


Rika adalah salah seorang teman sekelas Sakura. Ia cantik, baik dan terkesan lebih dewasa dari anak-anak seusianya. Di Manga-nya, Rika dan Terada bertunangan. Tapi di anime-nya ia diceritakan hanya mengaguminya saja. Terada adalah guru olah raga Sakura cs (bisa ngebayangin gak sih, seorang guru tunangan dengan anak SD haaahahah). Selain pendiam, Rika juga terkenal sangat hebat dalam menjahit dan memasak.

Yamazaki Takahashi


Takahashi adalah salah satu teman sekelas Sakura. Orangnya sangat pintar dan cukup meyakinkan dalam bercerita. Biasanya ia sangat cerewet dan hanya Chiharu yang bisa membuat bualannya itu berhenti. Meski demikian, anggota klub komputer ini adalah seorang ketua murid yang cukup disegani.

Kaho Mizuki


Mizuki adalah guru matematika baru Sakura. Sejak awal pertemuan, Shaoran merasakan bahwa wanita ini memiliki kekuatan. Dan terbukti ia memang memiliki banyak kelebihan, ia bisa merasakan Clow Card sebelum Sakura. Lebih dari itu ternyata Mizuki ada hubungannya dengan Touya dan Yue.

Yue


Yue adalah lambing yang mengukuhkan posisi Sakura atas kepemilikan kartu Clow. Yue dalam bahasa china memiliki arti Bulan. Symbol Yue sendiri adalah bulan, yang merupakan kebalikan dari symbol milik Kero (matahari). Jika sedang tidak dibutuhkan (darurat), Yue hidup di dalam tubuh Yukito Tsukishiro. Ini dia yang menjadi alasan mengapa volume makan Yukito sangat tinggi dikarenakan Yukito juga harus memberi makan Yue yang tanpa ia sadari berada dalam tubuhnya.

Eriol Hiragizawa


Eriol adalah karakter yang hadir di seson ke-2 Card Captor Sakura. Eriol adalah Reinkarnasi Clow Reed yang terbagi 2, yang sisi lainnya adalah ayah Sakura. Eriol terlahir memiliki banyak magic dan kekuatan, beda dengan Fujitaka, ayah sakura yang hanya manusia biasa dan tidak memiliki kekuatan apapun. Meski demikian, Eriol seringkali melihat sisi lai dirinya itu, dan juga melihat roh Nadeshiko. Pada awalnya ia hanya seorang murid pindahan dari Inggris. Tampaknya memang nggak jauh dari murid-murid SD Tomoeda lainnya. tapi siapa sangka kalau dibalik tampangnya yang manis dan hangat tersimpan banyak misteri. Keberadaan Eriol ini sempat menebar ketegangan dengan Li Shaoran. Shaoran cemburu pada perhatian Sakura yang diberikan pada Eriol. Tapi semua tindakan yang dilakukan Eriol (membuat kekacauan) itu memiliki misi khusus. Meski tampak seperti pengacauan, ternyata maksud sebenarnya adalah untuk memperkuat kartu milik Sakura.

Ruby Moon


Ruby adalah mahluk ciptaan dan merupakan Guardian-nya Eriol. Meski demikian, ia memiliki wujud hampir sempurna seperti manusia biasa, jika sedang tidak berwujud Nakuru Akizuki, Ruby akan berubah menjadi mahluk yang berwujud sebagai seorang wanita berpakaian merah hitam dengan sayap dipunggungnya. Ruby yang ceriwis ini ternyata sangat suka mencubit pipi Eriol yang lebih pendiam.

Nakuru Akizuki


Wujud manusia dari Ruby Moon. Nakuru adalah seorang murid pindahan di kelas Touya. Cewek ini sangat hebat di bidang olah raga dan sepertinya menyukai Touya. Meski Nakuru berpakaian seperti seorang cewek biasa, sebetulnya ia bukan manusia.

Spinnel Sun


Wujud Spinnel sehari-hari tidak begitu jauh dari Kero (boneka beruang kecil). Hanya saja, Spinnel yang berwarna hitam memiliki mata yang lebih besar dari Kero (seperti mata kucing). Wujud asli Spinnel adalah panther hitam yang bersayap kupu-kupu. Sifat Spinnel sama dengan Eriol yang suka diam. Saking pendiamnya kita pasti bakal menyangka kalau mereka berdua super serius.

Clow Reed


Begitu banyak hal yang bisa dibicarakan tentang Cardcaptor Sakura, namun tidak terlalu banyak info mendetail tentang cowok pencipta Clow Card ini apalagi CLAMP sendiri jarang menampilkan gambar penyebab pembuat Clow Card ini.

Clow adalah cowok keturunan setengah Chinese setengah British (Inggris). Ibunya konon bermarga Li, dan terkenal sebagai keluarga yang menganut agama Tao yang taat. Hingga akhirnya Clow sendiri berhasil menjadi penyihir yang paling kuat di seluruh dunia, ia mampu menguasai elemen sihir yang merupakan penggabungan unsure sekolah sihir dari eastern dan western menjadi sihir hebat ala Clow. Sebagai bukti kehebatannya, ia menciptakan Yue (dari The Moon and Eastern Magic), Cerberus (The Sun and Western Magic) dan Clow Cards. Clow memiliki kekuatan untuk melihat masa depan, dan sialnya, kemampuannya ini tidak terkontrol. Ia melihat bahwa Sakura akan menjadi pewarisnya dan meninggalkan the Moon Bell dengan keluarga Mizuki Sensi Shrine ketika tahu bahwa Sakura akan mendapatkan kesulitan dalam melewati ujian yang dibuat oleh Yue kepada Sakura. Hingga kemudian Clow benar-benar meninggalkan Moon Bell dan pindah ke kota dimana kelak Sakura akan memulai misinya untuk menangkap kembali kartu-kartu yang terlepas. Tapi Rashiban (kompas) yang dipakai untuk ibunya (Li family), yang akhirnya jatuh ke tangan Li Shaoran yang Clow lihat akan membantu Sakura dalam petalangannya.

Namun ketika masa depan mulai terjadi, ending ramalan yang pernah dilihat oleh Clow berubah seiring dengan pilihan-pilihan yang diambil oleh Yukito dan Sakura. Dimana tadinya Clow mengharapkan kalau Yukito akan berakhir sebagai pasangan Sakura, ternyata tidak. In the end, Yukito akhirnya memilih Touya, dan Sakura bersama dengan Li Shaoran. Beyong all that, Clow yang sangat menyayangi Sakura ini juga akhirnya memastikan bahwa Sakura tidak akan menderita dari warisannya (bagi yang belum tahu : Sakura sebenarnya diberi ability untuk bisa melihat masa depan, tapi tidak seperti Clow yang terpaksa melihat, Sakura hanya bisa melihat jika ia ada keinginan untuk melihatnya). Clow memang meninggal jauh sebelum Sakura dan yang lainnya lahir ke dunia. Tapi sebelum kematiannya, ia membagi dirinya menjadi 2 roh, Eriol dan Fujitaka. Sayangnya pembelahan roh itu tidak terjadi seperti apa yang diinginkan oleh Clow, Eriol ternyata terlahir lebih powerfull dari Fujitaka.

Tsubasa: Reservoir Chronicle

Tsubasa: Reservoir Chronicle (ツバサ-RESERVoir CHRoNiCLE-, Tsubasa: Rezaboa Kuronikuru?) adalah sebuah manga oleh CLAMP. Tsubasa berarti sayap dalam bahasa Jepang. Inti cerita Tsubasa: Reservoir Chronicle adalah petualangan mencari memori berupa bulu sayap yang hilang.

Alkisah tersebutlah sebuah negeri padang pasir bernama Clow. Di negeri yang damai inilah Syaoran bermukim sambil meneruskan impian mendiang sang ayah; menggali peninggalan purbakala yang terpendam jauh di gurun pasir. Karena urusan penggalian mewajibkannya rajin mengunjungi istana (untuk mengurus izin dan melaporkan hasil), sejak kecil Syaoran telah mengenal dan bersahabat dekat dengan Sakura, Tuan Putri dari kerajaan Clow. Sang Raja yang juga merupakan kakak kandung Sakura, Touya sebenarnya tidak terlalu menyukai hubungan mereka karena dia menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh dalam diri Syaoran, dan kemungkinan besar akan berpengaruh besar ke masa depan kerajaan. Walaupun begitu, ia tidak melarang adiknya menyukai Syaoran yang sering disebutnya bocah tengik itu karena selalu mengingat pesan mendiang ayahnya untuk mempercayai masa depan. Suatu hari, Sakura mengunjungi tempat penggalian untuk menemui Syaoran, dan berniat untuk mengutarakan isi hatinya pada teman masa kecilnya itu. Tapi nasib berkata lain. Hari itu, segala ketenangan dan kedamaian Syaoran dan Sakura menghilang seiring munculnya segerombolan orang aneh berbusana serba hitam, disusul menghilangnya sayap yang tiba-tiba muncul di punggung Sakura saat gadis itu berdiri di atas simbol aneh yang ditemukan Syaoran di dalam reruntuhan kuil yang ditelitinya. Keadaan bertambah buruk karena setelah sayapnya menghilang, Sakura tak kunjung sadar. Di lain pihak, Touya yang menghalau serangan para orang
berbaju hitam terluka dan sang pendeta tertinggi Yukito yang menyadari apa arti hilangnya sayap Sakura langsung mengambil keputusan untuk mengirim Syaoran dan Sakura ke tempat Penyihir Dimensi yaitu di dunia lain. Di dunia lain itu Syaoran bertemu dengan seorang wanita anggun yang mengaku bahwa dirinya adalah Penyihir Dimensi (yang bernama Ichihara Yuko tapi tidak disebutkan) yang dimaksud oleh Yukito serta dua orang yang juga berasal dari dunia yang berbeda-beda. Singkat cerita, sang penyihir kemudian memberikan makhluk aneh bernama Mokona Modoki dengan bayaran benda paling berharga dari ketiga orang di hadapannya. Kurogane menyerahkan pedang naga kesayangannya, Fye tato untuk menahan kekuatan sihirnya dan Syaoran dihadapkan pada pilihan sulit; harga yang dituntut darinya adalah ‘hubungan’ dengan Sakura. Artinya, sekalipun bulu sayap Sakura terkumpul semua, ingatan Sakura tentang dirinya tidak akan kembali, dan hubungan mereka tidak akan sama lagi seperti dulu. Syaoran menerima, karena tidak mau jika Sakura harus mati begitu saja.

Dunia pertama yang mereka kunjungi adalah negeri Hanshin. Di sini mereka bertemu pasangan suami-istri Arisugawa Sorata dan Arashi. Di sini Syaoran berhasil mendapatkan dua helai bulu sayap Sakura. Kesadaran Sakura memang pulih, tetapi saat matanya terbuka, kata-kata yang pertama diucapkannya pada Syaoran adalah “Siapakah kamu?”. Dengan susah payah, Syaoran berhasil menahan perasaannya dan menjelaskan secara singkat pada Sakura siapa dirinya dan kenapa mereka bersama-sama. Setelah Fye mengambil alih pembicaraan, Syaoran diam-diam berjalan keluar dan menangis di tengah siraman hujan... Walaupun hatinya hancur, tekad Syaoran tak berubah. Ia tetap ingin mengumpulkan semua bulu sayap Sakura. Fye yang tertarik pada semangat anak itu berjanji akan membantu sebatas yang bisa dilakukannya. Sedangkan Kurogane, walau awalnya tidak berniat ikut-ikutan sama sekali dalam masalah pencarian bulu sayap Sakura, akhirnya turut membantu juga. Tapi perjalanan berpindah dunia yang mereka lakukan tidaklah semudah itu, karena tidak semua bulu sayap Sakura berada di tempat yang bisa segera dijangkau. Apalagi musuh sebenarnya selalu mengawasi mereka & memiliki seseorang yang sama dengan Syaoran...

Para Karakter


Syaoran. Saat dipungut oleh Fujitaka, Syaoran adalah seorang anak lusuh, penuh luka, tidak bisa mengingat masa lalunya sendiri dan sangat miskin emosi. Pertemuan dengan Sakura membuat dirinya menjadi makin manusiawi dan tidak butuh waktu lama baginya untuk mencintai gadis itu. Tapi Syaoran yang sadar akan perbedaan status mereka selalu berusaha menahan diri, yang biasanya berbalik diprotes keras oleh Sakura. Syaoran bertekad untuk mengumpulkan seluruh bulu sayap Sakura sekalipun menyadari bahwa orang yang disayanginya itu tak akan mengingat dirinya. Ia menguasai bela diri, terutama jurus tendangan yang dipelajarinya sejak kecil. Di dunia Ōto terungkap bahwa mata kanan Syaoran sebetulnya tak bisa melihat. Menyadari dirinya masih banyak kekurangan, ia memohon pada Kurogane untuk diajari ilmu pedang. Meskipun begitu, Syaoran masih menyimpan sebuah rahasia besar, yang mungkin dirinya sendiri tak menyadarinya.


Sakura. Tuan Putri ini adalah segalanya bagi Syaoran. Bukan hanya karena ia adalah Tuan Putri di Clow, tetapi juga karena Sakura-lah yang mengajarkan pada Syaoran bahwa dunia ini indah, dan bahwa dirinya berarti. Sakura memiliki kemampuan aneh sejak kecil; mampu berkomunikasi dengan makhluk selain manusia atau orang yang sudah meninggal. Sikap lembut dan perhatian terhadap orang lain adalah daya tarik utama gadis manis ini. Sayap miliknya yang menjadi pangkal permasalahan adalah wujud dari ‘hati’ serta ‘ingatan’ dirinya, sehingga wajar ia kehilangan semua ingatannya saat sayapnya terpencar ke dunia lain. Walaupun tak mampu mengingat, tak bisa disangkal bahwa ia ‘tahu’ tentang Syaoran. Sayangnya, setiap kali ia berusaha mencari tahu tentang perasaannya pada Syaoran, ‘harga’ yang diambil Yuko akan langsung menghalanginya. Ia memanggil Syaoran dengan sebutan ‘Syaoran-kun’, padahal dulu ia sendiri yang memutuskan untuk memanggil teman kecilnya itu dengan nama saja karena melihat kakaknya dan Yukito saling memanggil nama sebagai bukti kedekatan mereka.


Kurogane. Kasar, pemarah, suka sekali berkelahi, tapi setia kawan. Tadinya seorang ninja dari Nihon no Kuni [Negeri Jepang] yang di’buang’ ke dunia lain oleh tuan putrinya, Putri Tomoyo karena dianggap terlalu banyak membunuh sehingga melupakan apa itu ‘kekuatan’ yang sesungguhnya. Saat diusir, Kurogane bersumpah akan kembali ke dunianya sendiri untuk memaki-maki tuan putrinya itu sampai puas. Tidak sopan memang, tapi sebenarnya cowok ini sangat setia dan bersumpah tidak akan mengabdi pada majikan selain Tomoyo Hime seumur hidupnya. Terkesan tidak peduli sekitar, tapi sebenarnya dialah yang paling tajam pengamatannya. Ia dapat melihat bakat terpendam Syaoran dan menyadari bahwa Fye yang selalu tampak loyo serta tak serius itu sebenarnya tengah memburu kematiannya sendiri. Setelah pedang Gin Ryû miliknya diambil Yūko, Kurogane tak bersenjata selama beberapa lama. Baru kemudian di dunia Ōto dia mendapatkan sebuah pedang baru bernama Sōhi yang merupakan pasangan Hien milik Syaoran.


Fay D. Flourite. Berasal dari negeri Celes dan merupakan penyihir terhebat di sana. Fye tidak pernah menyinggung sebab musabab dirinya melarikan diri dari Selece, tapi yang pasti ia menghindari Raja Ashura, rajanya sendiri. Di antara kawan-kawannya, Fye-lah yang paling tertutup tentang dirinya sendiri. Kalau melihat perkataan Kurogane, sepertinya ia memburu kematiannya sendiri, dan besar kemungkinan berhubungan dengan raja yang selalu dihindarinya. Saat-saat langka dimana Fye berwajah serius adalah jika ia sedang membicarakan Raja Ashura.


Mokona-Modoki. Mokona berperan sebagai ‘mesin penerjemah’, dan juga mentransfer berbagai benda dari Yūko yang beragam, mulai dari benda untuk meneruskan perjalanan, sampai kue coklat untuk hadiah Valentine. Ia juga mampu mendeteksi keberadaan bulu sayap Sakura yang ditandai dengan terbukanya kedua matanya. Akrab sekali dengan Sakura dan Fye, tapi sering diamuk Kurogane yang memang selalu jadi sasaran keisengannya.


Yuko Ichihara. Dikenal juga sebagai Penyihir Dimensi. Kekuatan sihirnya dikatakan sebagai yang terkuat di dunia manapun setelah Clow Reed bereinkarnasi menjadi Eriol dan ayah dari Sakura. Yūko dikenal mampu mengabulkan permintaan macam apapun, tetapi ia menuntut ‘harga’ berupa ‘benda paling berharga’ untuk mengabulkan permohonan orang yang bersangkutan. Bukan karena mata duitan, tapi memang itulah konsekuensi dari kekuatan serta aturan dunia penyihir yang mengikatnya. Jika sedang tidak ‘dinas’ sebagai Penyihir, Yūko sangat santai dan terkesan tidak serius menghadapi apapun juga (singkatnya; sableng). Sehari-hari, Yūko berdiam di tokonya yang berada di ‘Jepang’ bersama dua pelayan yang imut-imut; Maru Dashi dan Moro Dashi, serta seorang pegawai part time yang sering jadi korban kesablengannya, Watanuki Kimihiro. Lebih banyak tentang Yuko dan Watanuki serta tokonya yang misterius diceritakan dalam komik xxxHOLiC.


Real Syaoran. Dia terlihat tertidur di dalam istana Fei Wong Reed. Anehnya, wajah sama dengan Syaoran yang melakukan perjalanan. Dia juga mengamati perjalanan Syaoran dan kawan-kawan melalui mata kanannya yang dimiliki oleh Syaoran.

×××HOLiC

×××HOLiC (dibaca -holic seperti pada alcoholic; "×××" tidak dibaca) adalah sebuah seri manga yang diproduksi dan diterbitkan oleh CLAMP. Sebelumnya, manga ini pernah diterbitkan di Kodansha's Young KC Deluxe secara periodik sejak tahun 2003 dan saat ini dipublikasikan di Amerika Serikat oleh Del Rey Manga.

Film animasinya, xxxHOLiC - A Midsummer Night's Dream (劇場版 ×××HOLiC 真夏ノ夜ノ夢 Gekijōban Horikku - Manatsu no Yoru no Yume?), telah dirilis di Jepang pada tanggal 20 Agustus 2005. DVD-nya juga telah dirilis pada bulan Februari 2006 sementara serial animasi TV-nya sudah disiarkan oleh TBS pada tanggal 6 April 2006 di Jepang. Lisensi film dan serial TV-nya di Amerika Serikat saat ini dipegang oleh FUNimation

Watanuki Kimihiro tidak bisa dibilang mengawali hari dengan baik setiap paginya. Bukan karena ia malas atau semacamnya, melainkan karena setiap pagi dia harus main kucing-kucingan dengan segala macam roh dan hal-hal yang semacam itu, tanpa ia ketahui pasti penyebabnya. Nasibnya berubah ketika suatu pagi ia menyentuh pagar sebuah rumah. Semua makhluk jejadian yang menguntitnya mendadak lenyap. Penasaran, Watanuki mengintip ke dalam, kemudian seolah ditarik kekuatan tak terlihat, ia terseret masuk ke dalam bangunan di dalam pagar itu. Dua anak kecil menyambut kemudian mengantarnya ke hadapan orang yang mereka sebut majikan, seorang wanita cantik berambut hitam. Watanuki mengatakan hanya kebetulan saja dia datang di sana, yang langsung ditanggapi oleh wanita itu bahwa semua yang ada di dunia ini telah digariskan. Tidak ada yang namanya kebetulan. Watanuki tentu saja tidak langsung paham maksud wanita itu. Wanita itu kemudian mendefinisikan apa itu makna ‘telah digariskan’ dengan amat gamblang, kemudian mengakhiri penjelasannya dengan mengatakan semua itu dikutipnya dari kamus Kodansha. Kontan saja Watanuki mengomel tak karuan karena menganggap wanita itu membodohinya. Mengacuhkan kemarahan Watanuki, tanpa diminta wanita itu memperkenalkan diri sebagai Ichihara Yūko, tapi menambahkan bahwa itu adalah nama palsu, membuat Watanuki semakin kesal.

Setelah segala sumpah serapah dikeluarkan, Yūko akhirnya memberitahu Watanuki bahwa tempat mereka berada saat ini adalah ‘Toko’ kepunyaan Yūko. ‘Toko’ yang akan mengabulkan semua permohonan orang yang datang ke sana, tetapi memerlukan ‘harga’ yang sesuai dengan permohonan itu. ‘Harga’ yang dimaksud Yūko tidak terbatas pada uang atau materi. Bisa juga ‘jiwa’ si pemohon. Tapi ‘jiwa’ yang dimaksud Yūko bukanlah nyawa melainkan ‘sesuatu’ yang berharga bagi pemiliknya. Setelah menunjukkan kekuatannya, Yūko menawarkan diri untuk membantu Watanuki menghilangkan bakat melihat makhluk-makhluk yang disebutnya dengan Ayakashi, tetapi karena bakat itu ternyata berakar sangat dalam dalam darah keluarga Watanuki, Yūko tak bisa melakukannya saat itu juga. Ia kemudian memutuskan, ‘harga’ yang seimbang dengan penghilangan bakat itu adalah kerja di ‘toko’nya. Itu berarti, beres-beres, belanja, memasak dan segala pekerjaan rumah tangga lainnya. Watanuki pun menyetujuinya.

Hari-hari pertama kerja Watanuki sudah dihiasi dengan kasus yang tidak menyenangkan. Seorang wanita yang mendatangi ‘toko’ tewas di depan matanya karena tertabrak mobil. Menurut Yūko, memang tidak selamanya barang yang ada di ‘toko’nya itu membawa kebahagiaan. Walau tidak bisa melupakannya begitu saja, Watanuki belajar menerima kenyataan itu. Pekerjaan Watanuki tidak terbatas membersihkan ‘toko’ dan melayani Yūko saja. Kadang-kadang ia juga harus menghadapi Ayakashi mulai dari yang bersahabat sampai yang mengincar jiwanya. Dan, tidak terkecuali, manusia dengan keiinginan yang sangat kuat, sehingga kadang malah menghancurkan diri sendiri. Hari-hari perjuangan Watanuki untuk bisa bebas tampaknya masih jauh dari akhir.

Para Karakter

Kimihiro Watanuki (四月一日君尋 Watanuki Kimihiro)


Tokoh utama cerita ini. Terlahir dengan kekuatan untuk melihat dan menarik Ayakashi membuat cowok ini sering uring-uringan sejak kecil, padahal sebenarnya ia anak baik yang hanya ingin menjalani hidup dengan biasa saja. Demi menghilangkan kemampuannya, ia bekerja part time di ‘toko’ misterius Yūko dan menghabiskan hari-harinya dengan marah-marah karena menghadapi Yūko memang bukan hal yang mudah. Selain itu, jumlah harta penyihir itu pun tidak main-main, sehingga hari pembersihan besar-besaran biasanya akan jadi kerja keras baginya. Nama ‘Kimihiro’ adalah pemberian almarhum ibunya. Ketika Watanuki kecil, kedua orang tuanya meninggal dalam sebuah kecelakaan besar demi melindungi dirinya. Salah satu hal yang ditakutkan Watanuki adalah arwah orang tuanya mungkin tidak tenang, tetapi ramalan seorang kenalan Yūko menghapus keraguan itu dari hatinya. Dari almarhum ayahnya, Watanuki mewarisi keahlian memasak yang diakui tanpa kecuali oleh semua kenalannya. Dan walau tak pernah mengatakannya secara langsung, ia sebenarnya bangga dengan kenyataan itu. Selain dengan penghuni 'toko', ia cukup akrab dengan Zashikiwarashi dan ayah-anak rubah penjual Kitsune Oden yang merupakan kenalan lama Yūko. Belakangan, kekuatan spiritualnya meningkat setelah menerima mata baru. Kalau sudah menyangkut jiwa orang yang penting baginya, biasanya Watanuki tidak ragu-ragu mengorbankan dirinya sekalipun, lupa bahwa masih ada orang yang akan bersedih jika tidak ada dirinya.

Yuko Ichihara (壱原侑子 Ichihara Yūko)


Yuko adalah seorang penyihir terhebat, yang hanya sedikit sekali jumlahnya. Julukannya adalah Penyihir Dimensi, dengan kekuatan utama mengabulkan segala permintaan. Kesan pertama melihat wanita ini adalah anggun dan cantik. Tapi jangan tertipu dengan penampilannya, karena walaupun tidak pernah berniat jahat pada orang, Yūko adalah tipe yang mampu membuat orang lain merasa lebih baik dibunuh saja sekalian daripada harus berhadapan dengannya. Suka sekali pesta makan-makan dan minum sake untuk kemudian berakhir sakit kepala [menambah tugas Watanuki]. Singkatnya, jika sedang tidak ‘dinas’ sebagai pemilik ‘toko’, Yūko tak ubahnya seorang yang sableng dan seenak perutnya, serta lebih banyak menghabiskan waktu untuk terkulai di sofa kesayangannya. Tetapi, kekuatan dan kemampuannya memang tidak diragukan lagi. Ia bahkan mampu mengubah ‘manusia’ menjadi ‘dewa’. Tapi ini tidak menjadikan Yūko serba bisa. Ia tetap butuh bantuan orang lain untuk hal-hal tertentu seperti meramal, atau..memperbaiki kulkas. Punya banyak sekali kenalan dari berbagai tempat dan profes. Yūko biasanya sangat realistis dan tidak terlihat terpengaruh sekalipun tahu orang yang mengunjungi ‘toko’nya tewas atau terlibat masalah besar. Tetapi ia tidak akan diam saja jika itu terjadi akibat ulah orang lain, bukan orang yang bersangkutan itu sendiri. ‘Toko’ miliknya tidak bisa dilihat apalagi dimasuki sembarang orang. Hanya orang-orang yang butuh atau punya keiinginan kuat yang bisa.

Shizuka Domeki (百目鬼静 Dōmeki Shizuka)


Teman sekelas Watanuki yang tergabung dalam klub panah. Sikapnya cool, menjadikannya dikagumi kebanyakan cewek di sekolah. Seperti kebanyakan karakter cool lainnya, Dōmeki sendiri tampak tidak ambil pusing dengan hal itu. Mungkin karena inilah Watanuki amat sangat tidak menyukainya. Ditambah lagi, Himawari juga selalu ramah pada cowok ini, menambah kejengkelannya. Apes bagi Watanuki, Dōmeki punya bakat untuk menghalau Ayakashi sehingga tak jarang mereka harus beraksi bersama-sama. Dōmeki sendiri sepertinya menganggap Watanuki sebagai teman dan pernah menyelamatkan jiwa Watanuki beberapa kali. Dōmeki bahkan merelakan ‘setengah’ dari sebelah matanya ketika Watanuki kehilangan mata. Paling suka bekal buatan Watanuki walau tentu saja, tidak pernah dikatakannya secara langsung. Selain bekal, ia juga suka menonton segala tingkah polah Watanuki yang dianggapnya ‘Bego’. Dōmeki tidak bisa masuk ataupun melihat ‘toko’ Yūko karena ia tidak punya ‘kebutuhan’ untuk masuk ke sana. Baru setelah kecelakaan yang nyaris merenggut jiwa Wanatuki ia menjadi pengunjung 'toko'.

Himawari Kunogi (九軒ひまわり Kunogi Himawari)



Kunogi adalah wanita idaman Watanuki. Meskipun manis, ia seringkali mendatangkan kesialan kepada setiap orang yang berhubungan dengannya.

Mokona – Larg - Modoki


Merupakan makhluk ciptaan Yūko dan kenalan lamanya, Clow Reed. Menurut cerita Yūko, ia dan Clow menciptakan Mokona Modoki ini karena terinspirasi oleh seekor makhluk yang pernah mereka temui di masa lalu. Makhluk yang dijuluki bakpau versi hitam oleh Watanuki ini merupakan penghubung dengan Mokona putih yang diberikan Yūko pada Syaoran dan rekan-rekannyaTerlahir dengan nama Lagu / Larg, tapi sepertinya nama itu tidak dipakai lagi oleh Yūko sekarang. Seperti Mokona putih, ia juga sangat iseng dan sasaran kejahilannya tentu saja Watanuki. Kemampuannya tidak sebanyak kembarannya, tapi cukup berguna karena cenderung ke kekuatan spiritual seperti melihat hantu, ‘memakan’ roh jahat dan lain-lain. Dari segi sifat dan kelakukan, makhluk ini jauh lebih riang dan heboh daripada Mokona putih. Bukan hal aneh melihatnya jumpalitan kesana kemari atau menempel di muka Watanuki, membuat cowok itu semakin sering marah-marah. Tetapi, khas sifat penghuni ‘toko’, ia tidak segan untuk membantu Watanuki terutama kalau berhubungan dengan memasak atau sekedar membuat camilan untuk teman minum sake. Seperti Yuko, ia juga sangat suka sake.

Selain yang di atas masih banyak lagi karya Clamp yang lainnya yang sudah tidak asing lagi seperti Chobits, Wish, Gouhou Drug dan lain-lain. Aku nggak bisa mengulas semuanya karena keterbatasan waktu. Untuk lebih mengenal karya Clamp yang lain, aku cukup tampilkan sedikit gambar anime-anime karya Clamp saja.


 Sukidara Suki


Shirahime Shou


Gouhou Drug



Wish


Chobits


Clover


Kobato

No comments:

Post a Comment